Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar
Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

6 Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar - Tinggal di apartemen bisa menjadi sedikit hal yang sulit jika tetangga Anda kemungkinan besar menghasilkan begitu banyak kebisingan.

Itu mengganggu Anda setiap kali Anda bekerja, tidur, menikmati waktu pribadi, dan banyak lagi.

Tapi jangan khawatir Anda bukan satu-satunya orang yang menghadapi masalah ini.

Menurut laporan Statista, lebih dari 40 juta orang tinggal di apartemen multi-bangunan di AS saja, dan 45% dari mereka menghadapi masalah kebisingan yang sama.

Oleh karena itu, hal ini diperlukan untuk mengurangi kebisingan antar kamar di apartemen Anda. Tapi bagaimana Anda bisa melakukan itu? Ini sesederhana itu.

Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa bahan kedap suara atau perlu menyesuaikan furnitur.

Ya, Ini benar dan saya tidak bercanda!. Tapi tunggu dulu, tahukah Anda bagaimana Anda bisa menemukan benda-benda tersebut dan mengapa Anda perlu menyesuaikan furniturnya?

Untuk itulah Anda perlu membaca artikel ini karena di dalamnya saya telah menjelaskan tentang 6 cara mengurangi kebisingan antar kamar.

Tunggu, apakah Anda tinggal di apartemen atau rumah, strategi ini berhasil dalam kedua kondisi tersebut.

Jadi hati-hati dan baca artikel lengkapnya.

Tapi pertama-tama, mari kita pahami struktur ruangan Anda. Ini akan membantu Anda di mana Anda perlu meletakkan semua barang.

Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Pahami Struktur Ruangan

Dari mana sebenarnya suara bising itu berasal dari kamar atau rumah Anda? Loteng, lantai, dinding, langit-langit? Ketika Anda menemukan ini maka ini akan membantu Anda meredam kebisingan dan membuat segalanya lebih tenang.

Apakah Anda tahu setelah menyegel ruangan sepenuhnya bagaimana suara itu datang? Ada banyak alasan di baliknya:

  • Struktur ruangan Anda tidak cukup tebal.
  • Mungkin ada lubang atau celah kecil yang tersisa untuk menutup di dalam ruangan.
  • Mungkin Anda tidak memiliki cukup barang di kamar Anda untuk meredam kebisingan.

Mungkin juga ada beberapa alasan lain di baliknya tetapi ini adalah beberapa yang umum. Itu sebabnya jika Anda ingin benar-benar memblokir kebisingan di dalam ruangan.

Maka pertama-tama Anda menyelesaikan hal-hal ini. Jangan khawatir ini tidak terlalu sulit atau tidak terlalu mahal.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti cara-cara di bawah ini dan Anda dapat dengan mudah melakukannya.

Tapi tunggu dulu, jika Anda ingin melakukan penelitian sendiri. Lalu tahukah Anda bagaimana cara menentukan bahan peredam suara yang terbaik untuk digunakan?

Jangan khawatir ada peringkat suara yang disebut Sound Transmission Class (STC). Jadi mari kita mengerti sedikit tentang itu.
Apa itu Kelas Transmisi Suara

Sound Transmission Class (STC) adalah peringkat suara yang dimulai dari normal 25 hingga 60+ tinggi.

Semakin banyak peringkat suara, semakin baik produk kedap suara tersebut. Jadi selalu gunakan STC yang lebih tinggi, ini akan memberi Anda keheningan total.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang STC maka Anda dapat mengunjungi artikel ini. Karena saya sudah menjelaskannya.

Sekarang Anda benar-benar mengerti apa yang harus dilakukan dan bagaimana memutuskan. Jadi mari kita beralih ke 6 cara terbaik untuk mengurangi kebisingan antar kamar di apartemen atau rumah Anda.

6 Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Membuat ruangan kedap suara membantu Anda menyingkirkan dunia yang bising. Sehingga Anda dapat fokus pada pekerjaan Anda dan menikmati waktu pribadi Anda.

Tetapi jika Anda tidak berpengalaman dalam kedap suara maka ini menjadi sulit bagi Anda. Itu sebabnya cara sederhana dan mudah membantu Anda dalam situasi ini.

1. Segel & Tutup Jendela

Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar
Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar, credit: pexels.com

Apakah Anda memiliki jendela di kamar? Sudah diperiksa, mungkin ada lubang atau celah kecil yang tertinggal di kusen jendela?

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, suara dapat merambat bahkan melalui lubang kecil. Itu tidak mungkin untuk dilihat.

Itu sebabnya menyegel atau menutupi jendela dengan bahan kedap suara adalah cara yang bagus. Tapi yang mana? Pertanyaan bagus! Lihat di bawah.

  • Segel Jendela: Jika Anda telah melihat celah dan lubang di dalam bingkai jendela maka ini diperlukan untuk menutupnya. Anda dapat menggunakan dua hal berbeda untuk ini. Yang pertama adalah busa semprot yang dapat dengan mudah masuk ke dalam rongga apa pun baik itu terlalu kecil atau terlalu besar. Yang kedua adalah strip segel yang perlu Anda pasang di bingkai jendela. Jika ada celah antara permukaan dan bingkai, ini akan menutupinya.
  • Tutup Jendela: Jika Anda tidak menemukan lubang atau celah di bingkai jendela atau jika Anda telah menutup jendela. Tapi tetap saja, suara itu datang dari jendela. Maka jendela tidak cukup untuk memblokir kebisingan. Itu sebabnya Anda perlu menambahkan hal tambahan untuk memblokir kebisingan. Kemudian tirai kedap suara dapat memberikan ide yang lebih baik. bukan? Saya rasa ya karena biasanya gorden dibuat dengan microfiber. Itu adalah bahan terbaik untuk menyerap kebisingan. Jangan khawatir jika Anda belum mengerti, klik tautan ini.

Sekarang Anda siap untuk memblokir suara yang datang dari jendela. Semoga berhasil!.

2. Pintu Kedap Suara

Pernahkah Anda memeriksa pintu? Apakah ada lubang dan celah di dalam pintu? Jadi apakah itu jendela atau pintu jika ada celah dan lubang.

Kemudian suara tetangga Anda akan masuk ke dalam ruangan dan akan mengganggu Anda. Tunggu, jika Anda berpikir untuk menggunakan solusi yang sama seperti di jendela.

Maka ini tidak akan berhasil sama sekali. Periksa solusi baru untuk itu!.

  • Sapu Pintu: Apakah ada gap di bagian bawah pintu? Ya, jika Anda menemukan celah antara permukaan dan bagian bawah pintu. Maka Anda perlu menggunakan sapuan pintu. Ini akan menutupi semua celah dan memblokir kebisingan di luar. Anda hanya perlu meletakkannya di bagian bawah dengan menggunakan beberapa sekrup atau lem juga. Atau jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang itu, Anda dapat mengunjungi artikel ini.
  • Selimut Kedap Suara: Jika semuanya jelas di bagian bawah pintu atau jika Anda telah menggunakan sapuan pintu. Tetap saja, Anda mendapatkan suara-suara lucu yang datang dari pintu. Maka menggunakan selimut kedap suara adalah ide bagus. Karena ini akan menyerap semua kebisingan dan memberikan ketenangan di dalam. Ini bekerja sama seperti tirai kedap suara bekerja. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menutupi pintu sepenuhnya dari selimut kedap suara.

Kerja bagus! Lanjutkan Kerja baikmu!.

3. Gunakan Panel Kedap Suara

Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar
Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Apakah Anda tinggal di apartemen atau rumah? Jika Anda menginginkan ketenangan di dalam ruangan sehingga Anda dapat merekam apa saja, menikmati, atau fokus pada pekerjaan. Kemudian memasang panel kedap suara diperlukan.

Karena ini terbukti bahwa panel akustik dapat memblokir gelombang suara yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi.

Beberapa panel akustik sangat bagus sehingga dapat memblokir kebisingan dari 20 hingga 100+ desibel. Terlalu banyak! Saya tahu itu.

Itulah mengapa wajib memasang panel akustik di ruang rekaman. Tetapi ini juga akan berfungsi dengan baik jika Anda seorang YouTuber dan Anda tinggal di dekat area lalu lintas yang padat.

Tetapi ada berbagai jenis panel akustik yang tersedia di pasaran. Mana yang terbaik untuk pekerjaan ini? Jangan khawatir, struktur piramida panel akustik memiliki nilai plus.

Apa itu? Pernahkah Anda melihat mobil Lamborghini atau Ferrari? Mereka juga memiliki struktur piramida yang sama.

Itu sebabnya mereka bisa berlari cepat. Hal yang sama juga berlaku untuk itu. Ketika kebisingan menghasilkan dari dalam maka itu akan menjebak ratusan piramida dan turun.

Di sisi lain, kebisingan luar akan menghalangi dari bagian belakangnya. Sama seperti panel akustik lainnya.

Tapi menangkap gema dan gelombang suara di dalam ruangan maka panel akustik piramida sangat bagus.

4. Letakkan Rak Buku Di Dinding

Apakah Anda suka membaca lebih banyak buku? Apakah Anda memiliki rak buku untuk mereka? Di mana Anda menempatkan rak jika Anda memilikinya?

Jika Anda tinggal di apartemen dan tetangga Anda menghasilkan begitu banyak kebisingan. Maka saya cukup yakin Anda tidak bisa membaca buku.

Tahukah Anda bahwa kayu adalah penyerap suara alami?

Ya, ini sepenuhnya benar. Menurut studi Produk Kayu, struktur kayu dapat dengan mudah meredam kebisingan.

Tapi itu harus lebih tebal dan cukup kuat. Jika tidak, itu tidak akan berhasil.

Seperti yang Anda ketahui, produk kayu tidak cukup tebal untuk memberikan kedap suara yang lebih baik. Tetapi jika Anda menempatkan ratusan buku di dalam rak buku kayu.

Maka akan menjadi lapisan yang sangat tebal dan kuat. Itu bekerja dengan baik melawan kebisingan dan melindungi fokus Anda darinya.

Tetapi pertama-tama, Anda perlu menemukan tempat dari mana suara itu berasal.

Ini mungkin dinding kanan dan dinding kiri. Jangan bingung dan jangan coba-coba menggantung rak di langit-langit. Ini adalah hal yang konyol!!!!…

Ketika Anda menemukan dinding yang tepat maka letakkan saja raknya lalu taruh semua buku di dalamnya. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan baik dan kencang. Jadi suara itu tidak bisa masuk ke dalam.

Ketika Anda menemukan ini berhasil. Kemudian jangan lupa untuk berkomentar di bawah. Saya akan menghargainya.

5. Gunakan Mesin White Noise

Berapa banyak yang dapat Anda investasikan untuk membuat kamar Anda kedap suara? Bisakah Anda mengalihkan fokus Anda dari satu ke yang lain?

Menurut model kelas oleh Dennis Gilbert, pada tahun 2018 lebih dari 31% orang Amerika menggambarkan diri mereka sebagai kelas pekerja.

Lebih dari 95% dari mereka tinggal di apartemen.

Biasanya, masyarakat menengah ke bawah tidak memiliki uang untuk berinvestasi dalam membuat ruangan kedap suara. Itu sebabnya mereka memutuskan untuk menanggung kebisingan.

Jika Anda juga salah satunya maka saya punya solusi untuk Anda.

Yang Anda butuhkan hanyalah mengalihkan fokus Anda dari kebisingan. Saya tahu ini terdengar agak sulit bagi Anda, tetapi ini tidak.

Mesin white noise akan membantu Anda dalam situasi ini. Ketika Anda merasa ada kedamaian.

Kemudian Anda hanya perlu menggunakan mesin white noise dan mencoba untuk fokus pada gelombang suaranya yang menenangkan dan damai.

Biasanya, beberapa mesin white noise memiliki banyak gelombang suara menenangkan yang berbeda dan beberapa hanya memiliki sedikit. Beberapa memiliki nada yang lebih baik dan beberapa tidak.

Itu sebabnya sulit untuk memutuskan mesin white noise mana yang terbaik. Tetapi Anda dapat mengunjungi artikel ini di mana saya telah memberikan semua informasi tentangnya.

6. Rekonstruksi Atau Ubah Apartemen

Jika Anda telah melakukan semua bahan kedap suara di dalam ruangan. Tapi tetap saja, suara itu datang dan mengganggu Anda.

Maka struktur ruangan Anda tidak cukup tebal dan kuat untuk menghalangi kebisingan.

Tahukah Anda struktur yang lebih baik dan lapisan yang lebih tebal dapat memblokir 70% gelombang suara di luar? Hanya 30% dari mereka yang tersisa untuk dipertimbangkan.

Itu dapat dengan mudah diblokir dengan menggunakan beberapa bahan kedap suara seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Namun jika Anda tidak memilikinya maka bahan kedap suara ini juga tidak perlu khawatir. Itu sebabnya ini needs rekonstruksi jika Anda tinggal di rumah Anda.

Atau jika Anda tinggal di apartemen maka saya sarankan untuk memeriksa yang lain.

Karena ini tidak dapat memblokir kebisingan. Saya tahu ini terlihat terlalu mahal, Anda perlu menghabiskan lebih banyak. Tetapi jika Anda membutuhkan keheningan di sekitar Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda.

Maka ini wajib. Tapi saat merekonstruksi rumah lama atau pindah ke apartemen baru.

Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah apakah ruangan bisa kedap suara atau tidak.

Karena mengetahui bahwa Anda bisa terbalik dan mulai berjalan terlalu keras. Kemudian tutup semua pintu dan jendela kamar.

Terakhir coba rasakan apakah suara ini bisa memekakkan telinga atau tidak. Jika Anda merasa ini memungkinkan untuk membuat ruangan ini kedap suara.

Maka apartemen adalah untuk Anda. Atau saat membangun rumah baru dengan ketat menginstruksikan insinyur untuk membuat rumah setiap lapisan lebih tebal dan kuat.

Selamat, Anda telah membaca semua cara penting untuk mengurangi kebisingan antar kamar baik Anda berada di apartemen atau rumah.

Bungkus Tentang Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Saat tinggal di apartemen atau rumah jika tidak ada keheningan. Kemudian ini menjadi sulit untuk tidur, bekerja, dan menikmati dengan baik.

Menurut Statista, lebih dari 25 negara bagian di AS hanya menghasilkan terlalu banyak kebisingan yang mengganggu warganya.

Jika Anda tinggal di negara bagian maka Anda mungkin tahu pentingnya dunia yang sunyi.

Itu sebabnya membuat ruangan senyap adalah pekerjaan yang paling penting. Itu perlu Anda lakukan tetapi bagaimana.

Masalah ini muncul ketika Anda tidak tahu apa-apa tentang peredam suara dan area kamar Anda.

Karena bahan kedap suara bukanlah hal yang umum yang biasanya orang suka gunakan. Namun ketika mereka terjebak dalam masalah yang bising mereka merasakan pentingnya kedap suara.

Hal yang sama sekarang Anda rasakan saat membaca posting blog ini. Itu sebabnya saya telah membahas semua cara penting untuk mengurangi kebisingan di dalam dan di luar ruangan Anda.

Ingatlah bahwa Anda dapat menggunakan strategi ini baik Anda tinggal di apartemen atau rumah.

Juga, semua produk kedap suara yang saya rekomendasikan telah diuji dan digunakan sendiri.

Jadi jangan ragu tentang hal itu. Juga jika Anda ingin melakukan penelitian Anda sendiri maka saya telah menyediakan struktur yang Anda butuhkan untuk mengalir untuk ini.

Ketika Anda mengikuti Anda juga akan menemukan cara terbaik yang ditemukan untuk Anda. Tetapi semua cara ini memerlukan investasi, jadi jika Anda siap untuk ini. Kemudian hanya mencoba cara-cara ini.

FAQ: Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Seperti yang Anda ketahui, menemukan cara terbaik untuk mengurangi kebisingan antar kamar itu sulit. Itu sebabnya banyak orang seperti Anda menghadapi masalah.

Itu sebabnya saya menambahkannya ke artikel ini dan mencoba yang terbaik untuk memberikan jawaban yang sesuai untuk mereka.

Tetapi jika Anda memiliki yang lain maka Anda bisa bertanya di kotak komentar. Saya akan membalas sesegera mungkin.

Haruskah saya menggunakan karton telur untuk mengganti panel akustik?

Biasanya di bagian belakang karton telur memiliki struktur piramida. Itu adalah yang terbaik untuk menjebak dan memecahkan kebisingan.

Kemudian setelah karton telur dibuat dari bahan yang berbulu halus. Itu akan menyerap beberapa frekuensi rendah ke tinggi. Tapi tidak kebanyakan dari mereka.

Itu sebabnya ini membantu Anda meningkatkan kedap suara tetapi tidak memblokir suara.

Berapa biaya untuk memasang semua produk kedap suara di dalam ruangan?

 
Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar
Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar

Proses instalasi tidak memerlukan tangan ekstra jika Anda mengetahuinya.

Ini mengurangi biaya tetapi biaya produk tetap menonjol. Tapi ini akan tergantung pada produk apa, berapa banyak, dan kualitas apa yang Anda butuhkan untuk membuat ruangan senyap.

Tetapi rata-rata, ini akan memakan waktu $500 hingga $1200. Itu saja.
Apakah kotak kardus memiliki kemampuan penyerapan suara?

Biasanya kardus tidak memiliki bahan kedap suara.

Itu sebabnya ini dapat menyerap kebisingan tetapi ini akan cukup mengurangi transfer kebisingan dari ke permukaan lain.

Demikian artikel 6 Cara Mengurangi Kebisingan Antar Kamar kami buat, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat Anda untuk mengurangi kebisingan antar kamar atau ruangan di apartement atau di rumah Anda.