Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Bahan Peredam Suara Ruangan Terbaik

Bahan Peredam Suara Ruangan

16 Bahan Peredam Suara Ruangan Terbaik - Ada banyak bahan peredam suara di pasaran saat ini. Paling-paling, banyak yang merupakan produk bagus dan benar-benar berguna untuk kedap suara, dan paling buruk beberapa memiliki manfaat yang dipertanyakan bagi pemilik rumah dan bisnis.

Kami telah memadatkan produk-produk tersebut ke dalam daftar apa yang kami anggap sebagai 16 Bahan Peredam Suara Ruangan Terbaik di rumah Anda. Sebagian besar produk ini mudah ditemukan secara online, sementara beberapa lebih khusus dan akan memerlukan pesanan khusus.

Pelajari daftar produk ini dan Anda dapat dengan mudah menemukan Peredam Suara Ruangan terbaik untuk menyelesaikan proyek Anda dari awal hingga selesai, dan tetap sesuai anggaran bangunan Anda.

Tipe Bahan Peredam Suara

Ini adalah bahan peredam suara yang paling banyak digunakan; setiap kategori memiliki skenario penggunaan terbaik yang berbeda. Masing-masing bahan akustik ini termasuk dalam salah satu kategori berikut: Penyerapan Suara, Insulasi Suara, Peredam Suara, dan Pemisahan Suara.

  • Busa Akustik – Bahan yang biasa disebut Busa Studio ini memiliki bentuk baji atau piramida khas yang sangat efektif dalam menyerap suara. Mereka menempel pada dinding sebagai panel, menggantung dari langit-langit sebagai penyekat, atau duduk di sudut sebagai perangkap bass.
  • Insulasi Suara – Insulasi suara adalah batt yang terbuat dari wol mineral, wol batu, dan fiberglass, yang dirancang agar pas di antara kancing dinding. Kelelawar pas di antara kancing untuk mengambil wilayah udara yang dapat mengirimkan suara.
  • Panel/Papan Akustik – Ini adalah versi dekoratif dari insulasi suara dan busa penyerap suara. Mereka bisa datang dalam banyak warna menarik, pola, dan kain untuk melayani tujuan ganda di rumah dan tempat kerja.
  • Kain Akustik – Kain akustik lebih tebal dan lebih berat dari kain lain dan digunakan dalam tirai teater, tirai pemadaman, dan selimut studio.
  • Pelapis Akustik – Bahan seperti Mass Loaded Vinyl (MLV) adalah bahan seperti karet padat, yang digunakan dalam berbagai situasi seperti peredam suara mobil, mesin, peralatan, dan sebagai lapisan bawah. Massa material bertindak sebagai penghalang suara.
  • Underlayment Lantai – Kedap suara lantai kayu keras atau ubin membutuhkan pemisahan permukaan lantai dan subfloor untuk mengurangi transmisi kebisingan. Gulungan gabus, kain kempa, dan polimer biasanya digunakan sebagai bahan pelapis.
  • Peredam Suara Arsitektur – Kelompok ini mencakup segala sesuatu yang digunakan dalam struktur bangunan, seperti jendela kedap suara, dinding kedap suara, pintu, dan produk decoupling yang digunakan untuk memasangnya.

Bahan Peredam Suara Ruangan

Alih-alih memantulkan kebisingan, gelombang suara diserap ke dalam jenis material ini, melembutkan gema dan gema untuk meningkatkan suara di sebuah ruangan.

Salah satu bahan yang berguna sebagai bahan peredam suara adalah kain, yang digunakan untuk tirai dan selimut akustik tebal. Yang paling populer adalah busa akustik, bahan khusus yang dirancang dengan struktur dan kepadatan sel khusus untuk membelokkan, meredam, dan menyerap suara yang tidak diinginkan. Mereka biasanya digunakan di studio, teater, dan pusat hiburan.

1. Busa Akustik (Auralex Studiofoam Wedges)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Untuk meningkatkan suara di ruangan kecil hingga sedang, seperti studio rekaman, ruang rapat kontrol, dan bahkan teater rumah kecil.

  • NRC: 0,8
  • Ukuran: 12"x12"x2"
  • Warna: Arang, Burgundy

Auralex adalah merek busa akustik terkenal yang memiliki puluhan bentuk dan ukuran busa yang sangat cocok untuk musisi, artis rekaman, podcaster, dan pecinta home theater. Studiofoam adalah produk mereka yang paling populer, dan wedges 2” adalah yang paling laris. Mereka juga membuat perangkap bass LENRD pembunuh untuk sudut Anda.

Studiofoam Wedges memiliki peringkat NRC 0,8 dan anechoic wedge dapat secara signifikan mengurangi gema, tamparan, dan flutter. Panel 2” memiliki peringkat api Kelas-A per ASTM E-84.

Gunakan strip Perintah 3M, strip kait dan loop, atau perekat semprot untuk memasang busa ke dinding dan langit-langit kamar Anda. Jika Anda berencana untuk memindahkannya, sangat disarankan untuk menggunakan jenis pita perekat yang dapat dilepas untuk memudahkan pelepasan.

2. Busa Penyerap Suara (Ubin Akustik Pro Studio)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Gunakan sebagai alternatif untuk panel Auralex. Mereka menawarkan beberapa warna menarik untuk dipadukan dengan arang yang terlihat bagus di ruangan mana pun.

  • NRC: 0,65
  • Ukuran: 12"x12"x2"
  • Warna: Arang dengan Biru, Merah, Teal, dan Ungu

Pro Studiowedges dibuat di AS dari busa akustik berkualitas tinggi. Irisan dapat dipasang di dinding di mana pantulan kebisingan menjadi masalah, atau sebagai ubin langit-langit untuk mengurangi gema dan gema. Busa Pro Studio tidak bisa dibandingkan dengan busa variasi "peti telur" yang murah.

Kebanyakan orang menggunakan panel busa Akustik Pro Studio untuk menyerap suara baik di rumah maupun di penggunaan profesional. Warna-warna cerah menghidupkan ruang teater, ruang permainan, bilik suara, dan studio sambil menyerap suara dan membunuh gema.

3. Panel Akustik (Akustik ATS)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Panel akustik adalah yang terbaik untuk ruangan di mana tampilan baji dan busa piramida tidak diinginkan. Panel berbingkai kayu lebih terlihat seperti hiasan atau bingkai foto besar daripada panel penyerap suara.

  • NRC: 1.0
  • Ukuran: 24"x48"x2"
  • Warna: Beige, Hitam, Burgundy, Gading

Untuk kamar di mana busa tidak akan memotongnya visually, panel akustik ada untuk mengisi kekosongan. Panel ATS dibuat dengan wol mineral Roxul ABF dan rangka kayu solid. Mereka menyelesaikan panel dengan penutup kain goni semua untuk membuatnya menjadi bagian yang tampak hebat.

Yang tersisa hanyalah menggantungnya di dinding dengan perangkat keras yang disertakan. Penting untuk dicatat bahwa panel Akustik ATS dijual sebagai panel tunggal, tetapi Anda selalu dapat membeli beberapa panel sekaligus untuk menghemat biaya pengiriman.

4. Tirai Akustik (Utopia Thermal Blackout Curtains)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Tirai anti tembus pandang bagus untuk mengurangi kebisingan yang masuk atau keluar dari jendela dan pintu. Gunakan mereka di kamar tidur, home theater, kamar bayi, atau di mana pun dibutuhkan sedikit ketenangan.

Tirai akustik yang khas menggunakan kain berkualitas, kelas berat, dan mewah yang dikombinasikan dengan bahan kedap suara seperti vinil yang dimuat secara massal untuk meredam suara dan mengurangi gema. Meskipun gorden ini biasanya merupakan produk pesanan khusus, alternatif terbaik untuk rumah adalah dengan membeli gorden pemadaman kelas berat yang berkualitas

Untuk rumah, tirai akustik dimaksudkan untuk meningkatkan suara di dalam ruangan, bukan menghalangi suara keluar atau masuk. Tirai akustik favorit kami adalah Utopia Bedding Blackout Curtains. Untuk info lebih lanjut, lihat panduan kami untuk tirai akustik untuk teater rumah.

Bacaan Lebih Lanjut: Kebisingan industri dapat dikendalikan dengan pemasangan tirai suara. Tirai ini terbuat dari fiberglass berlapis atau lapisan Rockwool, diapit di atas vinil yang dimuat secara massal. Tirai ini lebih kaku daripada kebanyakan dan digantung pada bingkai yang membuatnya mudah bergerak dan mudah mengelilingi peralatan atau area yang sangat bising.

5. Selimut Bergerak (Tentu Tugas Berat Maksimal)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Selimut bergerak yang bagus dan tebal dapat digunakan untuk menyerap suara saat anggaran terbatas.

Selimut bergerak telah lama digunakan untuk tujuan selain memindahkan furnitur. Kain selimut tebal yang mewah seperti selimut Sure Max Heavy Duty dapat digunakan untuk menyerap suara. Anda dapat menggantungnya di dinding, di atas jendela dan pintu, dan bahkan melampirkan bilik suara untuk merekam.

Selimut Sure Max terbuat dari batting katun mewah dan alas poliester dan beratnya masing-masing lebih dari 5 pon. Mereka tidak memiliki grommet agar mudah digantung, tetapi bahannya cukup bagus untuk beberapa pengaturan penyerap suara yang murah.

6. Door Sealing Gasket & Sweep Kit

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Penggunaan Terbaik: Gasket busa adalah bahan murah yang bagus untuk mengisi ruang pada kusen pintu di mana kebisingan suka bocor masuk dan keluar ruangan.

Celah antara pintu macet dan pintu adalah jalur utama untuk kebisingan yang tidak diinginkan untuk bepergian. Bahan paking busa kompresibel membantu menutup celah dan menyerap beberapa suara. Bagian sapuan pintu adalah untuk menutup bagian lantai pintu, terutama pada lantai yang keras.

Namun, itu hanya satu bagian dari teka-teki dalam hal pintu kedap suara. Pintu berongga yang murah masih akan mengirimkan suara bahkan dengan paking dan sapuan pintu, jadi area yang bermasalah mungkin perlu ditambahkan tirai atau selimut akustik agar efektif.

Isolasi Peredam Suara

Insulasi kedap suara digunakan di gedung dan rumah untuk mengurangi jumlah suara yang ditransmisikan ke bagian lain dari gedung. Wol mineral dan fiberglass adalah bahan yang paling umum. Ini adalah cara yang relatif mudah dan hemat biaya untuk meningkatkan kedap suara ruangan.

7. Wol Mineral (Roxul Rockboard)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Kegunaan: Rockboard adalah insulasi wol mineral yang kaku dan tahan api yang digunakan untuk insulasi akustik dan termal yang paling baik digunakan di bangunan perumahan dan komersial.

  • NRC: 0.8-1.1 tergantung pada ketebalan
  • Ukuran: 24 "x 48" x 2 "-4" tebal
  • Kepadatan: 8 lb/ft^3

Rockwool Rockboard adalah produk papan insulasi mengagumkan yang cocok untuk meningkatkan insulasi akustik rumah dan bangunan. Wol mineral adalah bahan alami, dan Anda bahkan bisa mendapatkan poin LEED untuk pemasangannya. Ini kaku, mudah dipotong untuk dibentuk, dan tahan lembab dan api hingga 2150 °F.

Penggunaan lain dari Rockwool adalah membuat panel akustik dan perangkap bass Anda sendiri. Yang harus Anda lakukan adalah membuat bingkai kayu, memasang papan Rockwool, dan menutupinya dengan kain yang bagus.

Rockwool Safe'N'Sound adalah alternatif yang bagus untuk Rockboard adalah bahan insulasi kedap suara berkinerja tinggi, ideal untuk dinding dan langit-langit kedap suara. Ini lembut dan fleksibel, membuatnya mudah untuk memasukkan batt dengan erat ke dalam rongga dinding stud standar. Tidak seperti jenis isolasi kedap suara lainnya, Safe'N'Sound tidak tersedia secara online.

8. Fiberglass Kedap Suara (Owens Corning 703)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Kegunaan: Papan fiberglass Owens Corning 703 biasanya digunakan untuk membuat panel akustik untuk studio rumah, bangunan komersial, dan teater.

NRC: 1.0 mulai dari 300kHz
Ukuran: 24 "x 48" x 2 "tebal
Kepadatan: 3 lb/ft^3

703 papan fiberglass sangat bagus untuk menjinakkan kebisingan frekuensi tinggi di teater rumah, ruang rekaman, dan tempat lain yang akustiknya perlu ditingkatkan. Papan 705 bekerja lebih baik pada frekuensi rendah yang diperlukan untuk perangkap bass.

Bangun bingkai kayu Anda sendiri dan letakkan di sekitar ruangan, dan di atas sumber kebisingan yang mengganggu. Jika Anda harus memotong papan, remember untuk menangani produk ini dengan hati-hati, karena fiberglass adalah iritasi dan Anda harus menggunakan alat pelindung diri yang tepat.

Bahan Peredam Suara

Massa dan densitas material ini menghilangkan suara dan mengurangi amplitudo dan energi kebisingan. Bahan peredam suara datang dalam bentuk tikar, gulungan, semprotan, dan cat dan membantu membunuh getaran, kerincingan, dan disipasi kebisingan secara keseluruhan.

9. Vinyl Mass Loaded (Dynamat Xtreme)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Kegunaan: Gulungan MLV seperti Dynamat Xtreme dan Noico dapat digunakan untuk mobil, mesin, dan peralatan yang kedap suara. Sifatnya yang fleksibel dan lapisan perekat membuatnya mudah untuk menutupi hampir semua permukaan.

  • Mengurangi kebisingan jalan
  • Membunuh getaran dan kerincingan
  • Meningkatkan kinerja stereo kelas atas

Dynamat Xtreme adalah standar terbaik (gold standart) dalam hal peredaman suara otomotif. Mereka dijual dalam kemasan lembaran massal serta berbagai kit khusus untuk pintu, bagasi, dan kotak speaker.

Dinamat harus dipasang langsung ke bodi logam kendaraan dan benar-benar tersembunyi setelah trim mobil dipasang kembali. Lapisan belakang aluminium juga memantulkan panas, menjaga mobil Anda tetap dingin.

Noico Sound Deadening Mats adalah alternatif Dynamat murah yang bagus. Tebalnya 0,080” dengan lapisan aluminium timbul. Embossing bertindak sebagai indikator visual apakah lembaran telah dipasang dengan benar saat digulung rata tidak akan ada kerutan.

10. Lapisan Bawah Lantai (Roberts Super Felt)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Kegunaan: Gunakan lapisan bawah berkualitas untuk mengurangi transmisi suara dari kayu keras dan lantai rekayasa.

  • Ukuran: 360 kaki persegi
  • Ketebalan: 4 mm
  • Peringkat STC: 66
  • Peringkat IIC: 67

Lapisan bawah Lantai Roberts Super Felt adalah pilihan yang sangat baik untuk kedap suara lantai, terutama dengan laminasi, kayu keras, dan kayu rekayasa. Kempa terbuat dari serat daur ulang, dikompresi dan diberi perlakuan panas untuk membentuk bahan penyerap suara yang kaya.

Gulungan bahan memiliki strip perekat di satu sisi, Anda cukup meletakkannya di atas subfloor dengan tumpang tindih 1-3/4”. Ada penghalang uap built-in, jadi tidak perlu khawatir kelembaban atau bau menyerap ke dalam kain.

Roberts Super Felt adalah produk hebat untuk meningkatkan kualitas rasa dan pengurangan suara dari instalasi lantai baru Anda. Ini sulit, mudah turun, dan merupakan produk kedap suara yang bagus.

11. Semprotan Peredam Suara (DEI Boom Mat)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Kegunaan: Perawatan spot di mobil dan truk, mengisi celah di antara tikar, dan menerapkannya di atas mesin yang bising.

Cakupan: 20 kaki persegi


Semprotan peredam suara ini adalah versi semprotan cair dari lembaran vinil yang dimuat secara massal, dan DEI Boom Mat adalah salah satu yang terbaik. Satu kontainer mencakup hingga 20 kaki persegi dan sangat cocok untuk menutupi area pintu, bagasi, dan kompartemen yang sulit diakses. Semprotkan ke area yang tidak dapat dijangkau oleh tikar untuk mendapatkan performa kedap suara mobil terbaik.

12. Cat Peredam Suara (Cat Akustik)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Cat peredam suara telah disebut "mitos", tetapi mari kita lihat kelompok bahan kedap suara ini dan Anda dapat memutuskan. Cat kedap suara yang ada di pasaran bisa digulung, atau disemprot. Cat hanya dapat diaplikasikan dalam lapisan tipis, jadi penyemprotan akan memungkinkan lapisan yang lebih tebal dan merupakan metode aplikasi yang disarankan.

Karena kita tahu bahwa peredam suara bergantung pada massa untuk memblokir dan menyerap suara, Anda dapat berharap bahwa cat kedap suara tidak akan menjadi peluru ajaib untuk masalah kebisingan Anda. Namun, produsen cat mengklaim Anda akan mendapatkan peningkatan 3-7 poin STC dari penggunaan produk mereka.

Produk Pemisah Suara

Untuk kedap suara ruangan atau struktur lain, Anda perlu memisahkan bahan yang mengirimkan suara, seperti dinding, langit-langit, lantai, dan pintu.

13. Senyawa Peredam Kebisingan (Lem Hijau)

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Produk Green Glue sangat populer dalam bahan kedap suara saat ini. Senyawa Lem Hijau dan Sealant Lem Hijau dikemas dalam tabung pengeluaran gaya mendempul yang sudah dikenal, membuatnya sangat mudah untuk diterapkan dalam proyek Anda.

Green Glue Noiseproofing Compound digunakan sebagai bahan peredam suara pada konstruksi dinding kedap suara. Ketika diterapkan di antara lapisan drywall, itu dapat menghilangkan getaran suara yang melewati dinding dan lantai.

Green Glue Sealant digunakan untuk menutup lubang, jahitan, dan celah di dinding, langit-langit, dan ruang terbuka seperti di sekitar kotak listrik, perlengkapan, dan lubang sekrup. Ruang terbuka ini bisa menjadi mata rantai yang lemah dalam proyek kedap suara Anda. Sealant akan mengisi ruang tersebut dan mengurangi kebocoran kebisingan.

14. Resilient Channel

Peredam Suara Ruangan
Peredam Suara Ruangan

Resilient Channel adalah rel lembaran logam yang dirancang khusus yang dipasang di kancing dinding dan balok langit-langit. Mereka terletak di atas insulasi kedap suara, dan drywall tidak melekat pada stud, tetapi langsung ke Resilient Channel. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman tipikal adalah perolehan hingga 5 level STC bila dipasang dengan benar ke langit-langit atau dinding.

Susunan ini mungkin terlihat aneh, tetapi dalam praktiknya, ia bertindak sebagai semacam peredam kejut suara. Alih-alih suara yang ditransfer melalui rakitan dinding kaku standar, suara itu diserap dan dialihkan oleh Resilient Channel.

15. Drywall Kedap Suara

Drywall kedap suara seperti lembaran batu pada steroid. Ini menggabungkan beberapa lapisan papan gipsum, dan lapisan bahan seperti baja, untuk meningkatkan massa dan kepadatannya dan dengan demikian menghalangi suara. Peningkatan massa dan kepadatan ini dapat sangat meningkatkan peringkat STC saat kedap suara ruangan, atau dinding kedap suara. Meskipun drywall kedap suara lebih mahal, mungkin sepadan dengan investasi saat Anda mempertimbangkan potensi peningkatan kinerja

16. Jendela Kedap Suara

Jendela yang dirancang khusus ini terbuat dari beberapa panel kaca tebal, biasanya dengan lapisan udara atau gas lembam yang terperangkap di antaranya untuk mencegah gelombang suara bocor di dalam ruangan.

Jendela kedap suara paling sering dipasang tepat di atas jendela yang ada, menggunakan bingkai pegas di trek. Jika Anda tinggal di kota besar, pengurangan suara luar yang ditransmisikan ke ruang tamu atau area kerja Anda bisa menjadi dramatis dan dapat dengan mudah membenarkan biayanya.

Demikian artikel mengenai 15 Bahan Peredam Suara Ruangan Terbaik yang telah kami jelaskan secara singkat namun lengkap, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk membuat ruangan kedap suara di rumah Anda. Source: soundprooftips.com

Terima Kasih!