Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara


Cara membuat  penutup Genset Kedap Suara yang menarik akan membantu Anda mengurangi kebisingan Genset Anda.

Umumnya, kita sudah memiliki penutup genset sehingga membangun yang baru bukanlah hal yang benar. Jika kotak genset Anda tidak efektif untuk mengurangi kebisingan.

Kemudian Anda dapat dengan mudah kedap suara penutup genset yang ada.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, 45dB untuk indoor dan 55dB untuk outdoor adalah jumlah maksimum kebisingan yang diperbolehkan di area perumahan.

Jika ada yang mencoba meningkatkan volume maka siapa pun berhak untuk mengeluhkannya.

Tetapi generator set (genset) normal menghasilkan kebisingan sekitar 45dB hingga 72dB. Jadi jika Anda tidak dapat memblokir kebisingan Genset Anda.

Maka Anda mungkin akan dikenakan biaya lebih jika ada tetangga yang mengajukan keluhan terhadap Anda.

Jadi jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membangun yang baru. Kemudian memasang beberapa bahan kedap suara akan membantu Anda mengurangi sebagian besar kebisingan.

Tapi apa bahan kedap suara itu? Bagaimana Anda bisa membuatnya? Hal-hal apa saja yang diperlukan?

Itu sebabnya Anda perlu membaca artikel ini karena saya telah membahas semua informasi tentang bagaimana cara membuat penutup genset kedap suara dengan mudah.

Selain itu, saya telah memberikan informasi tentang jenis kotak genset kedap suara apa yang lebih baik untuk pekerjaan ini.

Jadi mari kita mulai dengan 3 hal penting yang perlu Anda periksa sebelum memasang bahan kedap suara apa pun.

Apa Jenis Penutup Kedap Suara yang Berfungsi Dengan Baik?

Mengedap suara kandang genset yang ada bukanlah hal yang mudah. Misalkan jika Anda memiliki kotak kedap suara logam maka Anda dapat menggunakan lem hijau di dalamnya.

Jadi itu tergantung pada banyak faktor apakah Anda perlu menggunakan jenis bahan kedap suara atau tidak. Jika tidak, ini tidak akan bekerja secara efektif

1. Kayu

Jika Anda memiliki kotak genset kedap suara dari kayu, maka Anda perlu tahu seberapa banyak ia sudah mengurangi kebisingan.

Umumnya, permukaan kayu reflektif yang halus dan lebih baik dapat memantulkan sekitar NRC 0,05 hingga 0,15 kebisingan.

Tetapi jika Anda menggunakan kayu lapis tebal maka Anda mendapatkan sekitar 0,23 NRC.

Maka saya mungkin yakin sekitar 45dB hingga 49dB kebisingan berasal dari penutup Genset yang tenang. Jadi tidak perlu menaruh banyak bahan kedap suara.

2. Logam

Umumnya, kami menggunakan penutup genset kedap suara dari logam karena sangat mudah untuk dirakit dan dibongkar.

Tetapi apakah itu mengurangi jumlah kebisingan yang baik atau tidak? Biasanya logam bukanlah bahan reduksi suara yang bagus.

Karena partikelnya sangat tangguh untuk menyerap kebisingan dan kebisingan hanya akan berkurang dengan permukaan yang lembut.

Jadi jika Anda juga menggunakan penutup logam yang tenang maka Anda mungkin membutuhkan lebih banyak bahan kedap suara.

3. Beton

Membangun Penutup Genset Anda bukanlah pilihan yang bagus. Karena permukaan beton juga memiliki permukaan yang keras.

Itu biasanya tidak akan bekerja dengan baik untuk mengurangi kebisingan. Itu juga tidak bisa dirakit dan dibongkar dengan benar.

Saat membangun penutup Genset kedap suara, ini sangat penting.

4. Plastik

Penggunaan Penutup Genset kedap suara berbahan plastik sangat jarang. Orang-orang menghindari menggunakannya karena berbahaya bagi lingkungan.

Tapi apakah ini bisa mengurangi tingkat kebisingan atau tidak. Ini dapat mengurangi tingkat kebisingan dari 6dB menjadi 15dB tetapi saya tidak menyarankan untuk menggunakannya.

Karena tidak tahan dengan cuaca yang terlalu panas dan dingin. Itu biasanya menjadi masalah besar.

Nah itulah beberapa jenis Penutup Genset Kedap Suara. Setelah membaca sekarang Anda jelas seberapa baik Penutup Genset kedap suara Anda.

Ini akan membantu Anda memutuskan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk membuat penutup genset Anda kedap suara. Sekarang mari kita beralih ke cara luar biasa untuk membuat Penutup Genset berisik Anda kedap suara.

Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara

Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara
Penutup Genset Kedap Suara, Image credit: pexels.com
 
Saat berkonsultasi dengan seorang profesional, saya menemukan bahwa memasang bahan kedap suara adalah pekerjaan yang sangat sederhana.

Tapi identitas dengan bahan kedap suara bekerja dengan baik adalah bagian penting dari itu. Cara-cara ini membantu Anda memutuskan bagaimana Anda dapat melakukannya.

1. Kurangi Getaran

Tinggal di rumah baru dan menakjubkan memberi Anda perasaan yang luar biasa, saya tahu. Karena saya merasakan hal yang sama yang saya rasakan ketika saya pindah ke rumah baru.

Tetapi kegagalan daya awalnya adalah masalah utama yang saya hadapi. Itu sebabnya saya membeli genset tetapi kebisingan dan getarannya sangat lucu bagi saya.

Saya perhatikan bahwa getarannya benar-benar meningkatkan kebisingan 2 hingga 3 kali lipat.

Karena itulah saya mencoba beberapa bahan peredam suara untuk meredam getarannya terlebih dahulu. Mau tahu apa saja bahan-bahan tersebut?

Tikar Busa Akustik

Sudahkah Anda menggunakan matras yoga? Jika ya, maka Anda mungkin sudah familiar dengan permukaannya yang empuk yang akan memberikan kenyamanan saat melakukan Iyengar, power, dan berbagai jenis yoga.

Ini karena dibuat dengan microfiber poliuretan. Ini bagus untuk mengurangi kebisingan benturan dan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Hal yang sama juga digunakan dalam tikar busa akustik tetapi Gensetnya sangat berbeda dari manusia.

Itu sebabnya Anda akan menemukan beberapa kepadatan ekstra dari bahan microfiber. Itu akan membantu Anda mengurangi kebisingan. Saya sarankan Anda perlu menempatkan Genset ke tikar ini.

Papan Serat Kepadatan Menengah (MDF)

Menggunakan hard dan softcore satu sama lain adalah ide yang bagus. Karena tnya akan mengurangi getaran lebih efektif daripada yang lain.

Itu sebabnya saya menggunakan papan serat kepadatan menengah (medium-density fiberboard) di bawah Genset.

Biasanya, MDF adalah kayu rekayasa yang terbuat dari kayu lunak dan keras yang dikombinasikan dengan lilin dan resin dengan suhu dan tekanan tertinggi.

Itu memberikan kemanjuran tertinggi untuk mengurangi getaran. Jadi pertama-tama Anda perlu meletakkan busa akustik di permukaan.

Maka Anda perlu menyimpan 2 potongan kayu di atasnya. Dan terakhir letakkan MDF di atas potongan kayu.

Jadi tidak akan langsung terhubung dengan permukaan bawah kotak yang tenang.

Sekarang bebas dari getaran Genset Anda.

Secara harfiah, jika Anda mencoba cara ini maka Anda akan merasakan perubahan besar pada getaran dan kebisingan juga dari Genset Anda. Tapi sekarang Anda perlu memblokir kebisingan.

2. Blok Kebisingan

Setelah getaran, kebisingan adalah musuh terbesar kedua saat menggunakan Genset. Jadi jika Anda membuat kotak genset yang ada kedap suara.

Apakah Anda tahu hal-hal apa yang dapat mengubah ini? Memblokir kebisingan di dalam penutup Genset kedap suara terlalu sulit.

Karena Anda perlu membuatnya seefektif mungkin dari luar dan dalam juga. Jadi bagaimana Anda bisa melakukannya?

Senyawa Peredam Kebisingan Lem Hijau

Saat membangun penutup Genset yang ada, apakah Anda meninggalkan celah di dalamnya? Karena itu akan menjadi bagian utama untuk membocorkan kebisingan di luar.

Menurut NASA, gelombang suara dapat ditransmisikan dengan sangat mudah jika tidak ada penghalang yang kuat untuk menghalangi kebisingan.

Jadi ketika Anda meninggalkan celah dan keseluruhan di dalam penutup Genset kedap suara anda

Maka bahan kedap suara apa pun tidak akan berfungsi dengan baik. Jadi pertama-tama Anda harus mengisinya dengan menggunakan lem hijau.

Karena lebih efisien dan juga dapat mengurangi transmisi noise dibandingkan lem biasa.

Jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk proyek kedap suara Anda. Namun, Anda dapat memasukkan lem hijau karena ini adalah bahan peredam suara yang sangat hemat biaya di pasaran.

Mass Loaded Vinyl (MLV)

Apakah Anda telah memblokir setiap kemungkinan celah dan lubang di dalam penutup Genset kedap suara Anda.

Tetapi suara tetap dapat merambat melalui kotak. Meskipun tingkatnya akan berkurang ke tingkat kebisingan standar.

Tapi ini tetap akan mengganggu Anda jika Anda sedang bekerja di rumah atau proyek Anda.

Itulah mengapa menutupi kotak sepenuhnya dengan MLV akan membantu Anda mengurangi jumlah kebisingan paling banyak.

Karena vinil bermuatan massa (MLV) juga disebut penghalang massa lemas dibuat dengan barium sulfat dengan kepadatan tertinggi.

Itu juga merupakan bahan kimia tidak beracun dan vinil yang memberikan fleksibilitas, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya sebagai penutup di luar penutup Genset.

Jika Anda memiliki kotak Genset kayu maka ini cukup baik. Karena saya hanya perlu menggunakan stapler udara untuk menstaples MLV di permukaan.

Tetapi jika belum, Anda perlu menggunakan dempul atau sealant yang efektif untuk menempelkannya ke permukaan.

Anda bisa mendapatkan lebih banyak ide tentang bagaimana MLV (Mass Loaded Vinyl) lebih efektif.

3. Menyerap Kebisingan

Penyerapan suara dan peredam suara adalah dua cara berbeda untuk mengurangi transmisi suara.

Umumnya, penyerapan suara menyerap gema dan kebisingan di dalam ruangan. Di sisi lain, peredam suara menghalangi dan mengurangi tingkat kebisingan.

Apakah Anda perlu memblokir kebisingan di dalam ruangan besar atau kotak kecil.

Jika Anda ingin mengurangi kebisingan paling efektif maka Anda perlu menggunakan keduanya. Saat Anda menggabungkan penyerapan suara dan peredam suara.

Maka Anda akan mendapatkan penghalang sempurna yang tidak bisa dihancurkan. Jadi sekarang Anda perlu memahami beberapa materi penyerapan suara. Itu bisa digunakan di kompartemen kecil.

Panel Kedap Suara

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa saya telah memindahkan rumah saya dari yang lama ke yang baru dan lebih besar karena bekerja dari rumah.

Jadi saya membutuhkan keheningan agar saya dapat melakukan pekerjaan saya secara efektif. Tapi ketika saya menyalakan Genset itu hanya menghancurkan pekerjaan saya dan saya tidak bisa bekerja.

Setelah itu, saya memutuskan untuk membuat kotak genset saya kedap suara.

Kemudian saya perhatikan bahwa kedap suara dan menyerap suara adalah cara terbaik untuk membuat segalanya lebih baik.

Saya tahu bahwa kedap suara dan menyerap suara sangat sederhana. Karena pertama saya menjalankan website ini dan kedua saya sudah memiliki garasi kedap suara untuk latihan musik saya.

Itu sebabnya saya memilih panel kedap suara untuk menyerap suara sebagai penutup Genset kedap suara.

Karena dapat dengan mudah masuk ke dalam penutup Genset kedap suara kecil Anda. Biasanya, beberapa panel kedap suara bisa muat ukurannya.

Jadi ini perlu untuk memeriksa ukuran sebenarnya dari penutup Genset Anda terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat memilih ukuran yang tepat untuk itu.

Jika tidak, Anda harus memotongnya, yang bisa sedikit berantakan bagi Anda.

Pertama, Anda harus benar-benar membongkar penutup Genset Anda. Sehingga Anda dapat dengan mudah menginstal semuanya.

Seperti yang telah saya jelaskan bahwa jika Anda memiliki kotak kayu maka Anda hanya perlu menstaplesnya di permukaan.

Jika tidak maka Anda perlu menempelkannya di dinding dengan menggunakan lem apa saja. Pastikan Anda perlu melakukan ini setelah kedap suara kotak di dalamnya.

4. Membangun Lapisan Tengah

Mengangkat penutup Genset benar-benar merupakan hal yang hebat untuk bekerja tanpa suara dengan nyaman.

Karena satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk menginstal beberapabahan kedap suara untuk membuatnya lebih baik untuk memblokir kebisingan.

Biasanya, memasang bahan kedap suara akan membantu Anda mengurangi kebisingan. Tapi ini tidak akan sepenuhnya memberikan lingkungan yang sunyi.

Jadi menggunakan beberapa hal yang efektif akan meningkatkan efektivitas kedap suara.

Itu sebabnya Jika Anda memiliki penutup Genset yang lebih besar maka Anda dapat membangun lapisan tengah di dalamnya.

Ini akan membantu Anda membuat lapisan lain yang sulit untuk kebisingan. Jadi ketika Anda membangun lapisan lain maka saya sarankan memasang busa akustik di rongga.

Ini akan menjadi cara paling efektif untuk mengurangi kebisingan.

Catatan: Misalkan jika Anda telah benar-benar menutup kotak tenang Genset Anda.

Kemudian suhunya dapat meningkat jika Anda tidak meninggalkan lubang untuk melewati udara.

Itu sebabnya saat membuat kotak genset Anda kedap suara, pastikan untuk meninggalkan lubang ventilasi udara untuk itu.

Saya tahu ini juga akan memberi saya kesempatan untuk melarikan diri dari kebisingan. Tapi ini satu-satunya cara.

Cara Memasang Bahan Kedap Suara Di Penutup Genset Anda

Apakah Anda telah membuat sebelumnya, telah mengerjakan beberapa proyek.

Tetapi memahami cara memasang bahan kedap suara di penutup Genset Anda adalah bagian penting.

Karena ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

#Langkah 1. Anda perlu membuat rencana yang sempurna yang harus mencakup semua hal yang berkaitan dengan penutup Genset kedap suara.

#Langkah 2. Mengukur penutup Genset akan membantu Anda memahami ukuran yang Anda butuhkan dari bahan kedap suara.

#Langkah 3. Kemudian Anda harus menutup semua celah dan retakan dengan mengisi lem hijau di dalamnya.

#Langkah 4. Letakkan alas busa akustik di permukaan bawah penutup Genset yang tenang.

#Langkah 5. Letakkan MDF pada potongan kayu di atas alas akustik.

#Langkah 6. Pasang semua panel peredam suara pada dinding kotak genset.

#Langkah 7. Tutupi kotak sepenuhnya dengan vinil yang dimuat secara massal.

#Selain itu 8. Anda juga dapat membangun lapisan tengah di dalam penutup Genset.

Sekarang Anda mengerti bagaimana Anda dapat membangun penutup Genset kedap suara yang efektif.

Kesimpulan Tentang Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara

Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara
Penutup Genset Kedap Suara

Apakah Anda sedang bekerja atau menikmati waktu pribadi Anda. Atau membuat tempat tinggal Anda lebih damai dan nyaman membutuhkan keheningan

Tetapi jika Anda akan menyalakan genset, biasanya itu akan mengganggu keheningan Anda.

Saya tahu membeli penutup Genset kedap suara adalah pekerjaan yang cukup mahal itu sebabnya jika Anda tidak punya uang untuk berinvestasi.

Jadi Anda dapat dengan mudah menjadikannya satu untuk Anda dengan memasang semua bahan kedap suara yang diperlukan di dalamnya.

Itu sebabnya saya menulis artikel ini untuk memberikan informasi mendalam untuk membangun penutup Genset yang ada menjadi kotak yang tenang.

Jadi jika Anda mengikuti cara ini untuk membuat Penutup Genset kedap suara Anda. Kemudian Anda juga akan menemukan perubahan besar pada tingkat suara.

Karena penghalang suara yang lebih baik mengurangi jumlah kebisingan paling banyak. Tetapi ini hanya mungkin jika Anda menggunakannya.

Penutup Genset Kedap Suara
Penutup Genset Kedap Suara, image credit: pexels.com

FAQ: Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara

Saya tahu mengubah Penutup Genset biasa menjadi kotak yang tenang tidaklah mudah. Itu sebabnya banyak orang menghadapi banyak masalah.

Saya telah mencoba memberikan jawaban yang tepat untuk 3 pertanyaan umum setelah berkonsultasi dengan seorang profesional.

Tapi kalau ada yang lain bisa langsung ditanyakan di kolom komentar. Saya akan membalas sesegera mungkin.

Berapa biaya untuk membuat kandang genset kedap suara?

Umumnya, membuat Penutup Genset kedap suara akan menelan biaya sekitar $1000 hingga $1500.

Tapi ini bisa naik dan turun karena ini tergantung pada banyak faktor.

Seperti kualitas, kompromi, berapa banyak bahan yang Anda gunakan, dan banyak lagi.

Berapa banyak kebisingan yang dapat dikurangi oleh Penutup Genset kedap suara?

Hal ini juga tergantung pada banyak faktor seperti jenis genset yang Anda miliki, apakah Anda menggunakan lapisan tengah atau tidak, dan hal-hal penting lainnya.

Tetapi biasanya, jika Anda mengikuti cara yang saya berikan untuk mengubah Penutup Genset Anda menjadi kedap suara.

Maka ini benar-benar akan mengurangi sekitar setengah atau bahkan lebih dari tingkat suara Anda saat ini yang berasal dari Penutup Genset Anda.
Dapatkah saya menggunakan knalpot otomotif untuk mengurangi kebisingan genset?

Ya, Anda dapat memasang knalpot otomotif Anda dengan genset Anda. Tetapi jika genset Anda portabel, jika tidak, ini tidak akan berfungsi.

Ini akan membantu Anda mengurangi lebih banyak kebisingan. Karena itu akan membuat antarmuka destruktif yang akan membatalkan satu sama lain.

Demikian Artikel  Cara Membuat Penutup Genset Kedap Suara ini, Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih!