Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah


Cara Membuat Ruangan Kedap Suara
Cara Membuat Ruangan Kedap Suara, image credit: pexels.com

7 Langkah Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah. Menjadi seorang musisi dan penyanyi yang hebat membutuhkan lebih banyak latihan untuk menciptakan sebuah mahakarya.

Tetapi jika Anda merekam di ruang rumah maka Anda mungkin menghadapi kebisingan dan getaran yang mengganggu lagi dan lagi.

Itu mengganggu Anda dan kualitas rekaman Anda. Itu sebabnya memiliki ruang kedap suara di dalam ruangan bekerja secara efektif.

Dan membantu Anda merekam kualitas suara yang lebih baik tanpa gangguan kebisingan.

Membuat ruangan ini tidak begitu sulit tetapi membuatnya benar-benar kedap suara membutuhkan perhatian lebih.

Karena Anda membutuhkan setiap celah yang memungkinkan agar suara luar tidak masuk ke dalam. Tapi apa yang akan Anda lakukan dengan kebisingan di dalam?

Tahukah Anda bahwa setiap gerakan Anda menghasilkan getaran dan setiap nada Anda menciptakan gaung di dalam ruangan kedap suara Anda?

Bagaimana Anda bisa berurusan dengan mereka?

Itu sebabnya Anda perlu membaca artikel ini. Karena saya telah membahas bagaimana Anda dapat memperbaikinya dan bagaimana Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah.

Selain itu, saya juga telah membahas istilah-istilah utama di balik ruang kedap suara. Sehingga Anda dapat menambahkan beberapa hal lain untuk memperbaikinya.

Jadi mari kita pahami dulu.

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Terminologi Dibalik Ruangan Kedap Suara

Tahukah Anda hal-hal apa yang membantu Anda mengurangi semua kebisingan dan getaran di dalam ruangan kedap suara Anda?

Bagaimana Anda bisa meningkatkannya? Sehingga Anda dapat membuat ruangan kedap suara Anda secara efektif.

1. Pemisahan/Decoupling

Setelah membuat ruang kedap suara akan membantu Anda mengurangi kebisingan dari luar. Namun getaran di dalam biasanya akan mengganggu Anda setiap kali Anda memasuki ruangan kedap suara di rumah Anda.

Itu sebabnya decoupling adalah solusi terbaik untuk menghilangkan kebisingan getaran sepenuhnya.

Singkatnya, decoupling adalah proses di mana Anda menggunakan lantai ganda, lantai mengambang, karet lentur, dan banyak lagi.

Semua bahan ini mengurangi dampak gerakan Anda di dalam ruangan kedap suara di dalam ruangan Anda.

2. Redaman/Damping

Bernyanyi di musim dingin bisa menjadi pekerjaan yang sedikit sulit. Karena suasana yang dingin (cold atmosphere) akan mempengaruhi performa pita suara Anda. Akibatnya, Anda dapat memberikan 100% Anda.

Itu sebabnya orang menggunakan pemanas di rumah mereka yang biasanya meningkatkan tagihan listrik.

Itu sebabnya redaman adalah solusi terbaik untuk ini. Anda tidak memerlukan pemanas apa pun di kamar kedap suara Anda.

Anda dapat mengubah nyanyian Anda menjadi panas!!.

Bingung! Coba saya jelaskan, yang Anda butuhkan hanyalah menggunakan lem hijau di dalam ruangan kedap suara Anda.

Ini akan mengubah semua energi kinetik menjadi panas. Senyawa ini biasanya digunakan antara panel dan drywall.

Namun jika Anda serius ingin menghilangkan kebisingan dan gema di ruangan kedap suara Anda. Maka Anda perlu menggunakannya pada setiap hal yang mungkin seperti lantai, plafon, dinding dan banyak lagi.

3. Menambahkan Massa

Meningkatkan kedap suara di dalam ruang musik Anda, Anda perlu menambahkan massa ekstra. Karena itu akan membantu Anda mencegah kedap suara melewati permukaan.

Bila Anda menggunakan lapisan yang padat dan lebih tebal maka akan menambah berat itu sebabnya hal ini terjadi. Tetapi biasanya, ini tergantung pada anggaran Anda.

Juga, perlu diingat bahwa menambah berat ruangan kedap suara Anda meningkatkan beban ekstra di rumah Anda.

Jadi pertama-tama Anda perlu memeriksa berapa berat yang dapat ditanggung rumah Anda. Tapi saya sarankan Anda menghubungi profesional mana pun.

Sekarang mari kita pahami bagaimana cara membuat ruang kedap suara yang menakjubkan di rumah anda.

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara Di Rumah

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara
Cara Membuat Ruangan Kedap Suara, image credit: pexels.com

“Musik adalah soundtrack hidup Anda” itulah mengapa musik harus tenang dan damai. Sehingga audiens Anda dapat memahami perasaan Anda.

Tetapi semua ini hanya terjadi di lingkungan yang sunyi. Itu sebabnya Anda perlu membuat ruang musik Anda kedap suara sebanyak mungkin.

7 Langkah Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah

1. Membuat Rencana & Mengukur Luas

Seperti apa seharusnya ruangan kedap suara Anda? Bahan akustik apa yang akan Anda gunakan? Berapa harga barang ini?

Jika Anda dikelilingi oleh pertanyaan-pertanyaan ini maka Anda berada di jalan yang benar. Karena ini akan membantu Anda membuat rencana yang sempurna untuk ruangan kedap suara di rumah Anda.

Membuat ruang kedap suara yang sempurna selalu membutuhkan rencana yang tepat. Sehingga Anda dapat menjalankan proses sesuai dengan itu.

Dalam kasus saya, saya selalu membuat rencana terlebih dahulu, dan hasilnya bagus untuk saya. Karena ini akan memberi saya gambaran yang jelas tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, hal-hal apa yang diperlukan dan bagaimana saya bisa melakukannya.

Itu sebabnya jika Anda serius tentang ruang musik kedap suara Anda. Kemudian saya sarankan Anda juga membuat rencana dan memasukkan segala kemungkinan yang berhubungan dengan ruang musik kedap suara Anda.

Setelah membuat rencana yang sempurna, tahukah Anda seberapa besar ruang musik Anda seharusnya, berapa banyak area yang dibutuhkan.

Ini sangat penting untuk dipahami sebelum membangunnya. Karena mengukur area akan membantu Anda memahami setiap bagian dari ruang musik Anda, dan di mana harus ditempatkan.

Itu sebabnya Anda harus memasukkan panjang dan lebar yang tepat dari dinding, lantai langit-langit, di buku catatan pengukuran Anda.

Anda perlu mencatat setiap kemungkinan pengukuran. Sehingga Anda dapat membangunnya sesuai dengan rencana Anda.

2. Membuat Inti Pondasi

Apakah Anda pikir hanya memasang beberapa bagian membuat studio musik kedap suara Anda? Jika ya, maka Anda salah karena setiap struktur membutuhkan ikatan kuat yang menahan semua beban di atasnya.

Hal yang sama juga berlaku saat membuat ruangan kedap suara.

Sebelum memasang dinding, langit-langit, dan lantai Anda, Anda perlu membuat struktur tulang yang kuat untuk mereka. Sehingga menahan semua beban studio musik Anda.

Tapi bagaimana Anda bisa membuatnya? Pertanyaan bagus!. Mari kita mengerti.

Jika bisa maka Anda bisa menggunakan Buloke Australia karena ini adalah kayu bangunan terkuat.

Tapi ini tidak wajib jika Anda tidak bisa menata kayu ini maka Anda bisa menggunakan kayu bangunan yang tersedia.

Ketika Anda mengaturnya maka Anda perlu mengerjakan struktur yang kuat. Semakin kuat struktur ruangan kedap suara Anda, semakin baik akan memberikan pengurangan kebisingan.

Seperti yang telah Anda lihat pada gambar yang diberikan, seberapa baik dia membuat struktur untuk studio kedap suaranya di dalam kamarnya.

Sama Anda juga dapat membuat kamar Anda untuk membuatnya lebih baik.

Pertama, Anda harus mulai dengan dinding dan memasangnya secara horizontal. Ketika Anda menyelesaikan semua dinding maka Anda harus menempelkannya ke langit-langit.

Tapi perlu direkatkan dengan baik karena biasanya noise akan muncul di bagian atas itulah sebabnya.

Memasang jendela di ruang musik kedap suara Anda tergantung pada Anda. Tapi saya sarankan Anda perlu menginstalnya karena itu akan membantu Anda memasukkan udara ke dalam.

3. Menambahkan Isolasi

Jika Anda menghadapi terlalu banyak cuaca panas atau dingin dan Anda mungkin belum mengisolasi rumah Anda.

Kemudian Anda bekerja di ruang musik Anda bisa menjadi pekerjaan yang sedikit sulit bagi Anda.

Karena Anda mungkin menghadapi terlalu hangat atau lebih dingin dan akibatnya, Anda tidak dapat membuat karya agung Anda. Itu sebabnya isolasi akan melindungi Anda dari ini.

Jadi ketika Anda berhasil memasang pondasi inti Anda maka Anda perlu menambahkan isolasi fiberglass di antara stud.

Karena fiberglass memberikan insulasi yang lebih tinggi daripada yang lain dan juga ini tidak akan membebani Anda lebih banyak.

Tetapi Anda perlu menutupi seluruh kompartemen agar dapat bekerja secara efektif. Jangan khawatir jika Anda tinggal di tempat yang moderat maka Anda dapat melewati langkah ini.

4. Menambahkan Dinding Eksterior & Interior

Seperti yang Anda ketahui, hanya membangun fondasi inti tidak dapat mengurangi kebisingan luar dan gema di dalam.

Anda perlu memasang dinding interior dan eksterior yang akan menutupi seluruh struktur.

Biasanya, dinding memainkan peran yang sangat penting sekaligus menghilangkan frekuensi kebisingan yang rendah. Tetapi Anda perlu memahami secara mendalam bagaimana Anda dapat menginstalnya dengan benar.

Jadi pertama-tama Anda perlu memeriksa pengukuran untuk memahami tinggi dan lebar dinding Anda yang tepat.

Maka Anda perlu memotong semua bagian dengan benar sehingga Anda dapat menempelkannya.

Anda harus menggunakan sekrup tugas berat untuk pekerjaan ini sehingga dapat bekerja tahan lama.

Pertama saya sarankan Anda memasang dinding eksterior. Karena ini akan dengan mudah menahan insulasi jika tidak maka bisa keluar darinya.

Kemudian Anda dapat memasang dinding interior. Perlindungan tiga lapis ini akan dengan mudah memblokir kebisingan dan memberi Anda kualitas rekaman yang lebih baik.

Tetapi jika Anda sedang membuat ruang kedap suara kami di ruang bawah tanah Anda, maka Anda dapat melewati satu dinding. Karena kedalaman ruang bawah tanah Anda akan dengan mudah menyerap sebagian besar kebisingan.

5. Memasang Plafon & Lantai

Apakah Anda akan membuat ruang kedap suara di rumah Anda atau di ruang bawah tanah, memasang langit-langit/plafon dan lantai sangat penting.

Karena sebagian besar kebisingan masuk melalui langit-langit dan getaran dihasilkan melalui lantai.

Itu sebabnya jika Anda perlu menyingkirkan ini maka Anda perlu memasang langit-langit dan lantai.

Tapi tunggu! jika plafon ruangan kedap suara anda langsung berkontraksi dengan plafon rumah anda maka tidak akan berfungsi dengan baik.

Jadi, untuk membuat struktur, Anda harus meninggalkan setidaknya 2 hingga 5 inci celah di antara kedua langit-langit.

Alih-alih ini Anda juga menggunakan langit-langit mengambang karena bekerja dengan prinsip yang sama seperti dinding mengambang.

Anda perlu menambahkan langit-langit di antara balok yang sudah ada sebelumnya tetapi ada kelemahannya. Langit-langit mengambang ini tidak akan cocok di antara mereka.

Sehingga tidak akan berjalan dengan baik. Tapi ini adalah pilihan Anda untuk memilih yang terbaik. Tetapi dalam kasus saya, saya menggunakan cara standar karena saya tahu bagaimana membuatnya efektif.

Sebelum memasang lantai Anda harus menambahkan lapisan tipis lembaran karet. Kemudian Anda bisa memasang lantai yang akan menyerap semua getaran yang biasanya dihasilkan dari gerakan Anda.

6. Menambahkan Drywall

Menambahkan drywall adalah cara tertua namun efektif untuk mengisolasi kebisingan di dalam ruangan.

Karena suara biasanya merambat melalui lapisan permukaan yang tipis tetapi jika Anda membuat lapisan yang tebal.

Maka itu tidak dapat melakukan perjalanan dan Anda dapat dengan mudah merekam musik mahakarya Anda. Untuk melakukan ini, Anda biasanya perlu menggunakan 2 lapis drywall.

Tetapi jika Anda menghadapi banyak gangguan kebisingan maka Anda dapat menggunakan 3 lapisan ini akan meningkatkan kapasitas isolasi suara.

Tapi itu juga akan menambah berat badan sehingga seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, Anda perlu memeriksa berapa banyak berat yang dapat ditampung oleh rumah Anda.

Kemudian Anda dapat mencampur dengan atau 5/8 inci drywalluntuk pekerjaan yang efektif.

Bahan yang saya sarankan adalah OSB atau kayu lapis karena 2 ini adalah bahan peredam suara teratas.

Jika Anda menggunakan kayu lapis maka Anda dapat dengan mudah memasukkan sekrup. Itu akan secara efektif menempel dengan struktur inti Anda dan dalam jangka panjang, itu adalah ide yang lebih baik.

7. Membuat Ruangan Kedap Suara

Apakah Anda telah memasang banyak jenis bahan kedap suara saat membuat ruang musik Anda.

Tetapi setelah membangunnya, Anda harus membuatnya sebanyak mungkin. Sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik.

Banyak jenis produk peredam suara yang tersedia di pasaran seperti panel akustik, door draft, selimut kedap suara, dan lainnya.

Tetapi biasanya, ini tergantung pada seberapa banyak keheningan yang Anda inginkan di ruang kedap suara Anda untuk merekam musik Anda.

Untuk memeriksa sumur ini terlebih dahulu Anda perlu memasang semua peralatan suara di dalam ruangan kedap suara Anda. Kemudian rekam musik dan periksa seberapa baik kualitas rekamannya. Jika menurut Anda ini tidak baik, beberapa noise bahkan mengganggu kualitas rekaman.

Maka Anda perlu menambahkan produk kedap suara satu per satu. Tambahkan sekaligus jika tidak, itu akan menghabiskan semua ruang dan Anda tidak dapat bekerja dengan benar.

Jadi saat memasang produk ini juga periksa berapa banyak ruang yang dibutuhkan. Sehingga Anda dapat menghitung berapa banyak ruang yang tersisa untuk pekerjaan Anda.

Sekarang Anda telah berhasil membuat ruangan kedap suara Anda sendiri di dalam sebuah ruangan. Ini akan membantu Anda menciptakan kualitas rekaman yang lebih baik.

Selesaikan Untuk Membuat Ruangan Kedap Suara Di Rumah Anda

Mengerjakan pita suara Anda bisa menjadi pekerjaan yang sedikit sulit karena membutuhkan lebih banyak latihan. Apakah Anda memiliki ruangan kedap suara atau tidak.

Biasanya, ruangan kedap suara adalah langkah pertama yang perlu Anda periksa apakah Anda bisa berkarir di industri musik. Bisakah Anda menjadi lajang yang hebat? Apakah Anda memiliki kemampuan untuk menjadi musisi hebat?

Jika ya, maka Anda harus melanjutkan ke langkah berikutnya dan mulai melatih pita suara Anda karena ini adalah pekerjaan terberat.

Biasanya pita suara adalah pita segitiga yang jika diikat dengan benar maka akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Sekitar 70 hingga 80% orang tidak bisa menjadi penyanyi yang lebih baik, kenapa? Karena mereka belum memikirkan teknis untuk meningkatkan suara.

Tingkatkan pita suara, tingkatkan keterampilan menyanyi Anda, dan bantu Anda menjadi musisi hebat.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana Anda bisa melakukannya? Maka Anda harus memeriksa Singorama. Mereka memiliki teknik pengajaran yang sangat baik untuk membuktikan pita suara.

Perlu diingat bahwa jika Anda benar-benar ingin belajar menyanyi maka kunjungi saja Singorama. Karena ini bukan pekerjaan mudah, Anda harus bekerja keras.

Saya hanya memberikan. Anda perlu memutuskan ingin menjadi apa Anda.

FAQ: Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara
Cara Membuat Ruangan Kedap Suara, image credit: pexels.com

Membuat ruangan kedap suara di rumah tidaklah mudah, itulah sebabnya orang memiliki banyak pertanyaan dan mereka tidak tahu profesional untuk bertanya.

Itu sebabnya saya menambahkan 3 pertanyaan umum dan memberikan jawaban yang tepat setelah berkonsultasi dengan seorang profesional.
Berapa biaya untuk membuat ruang kedap suara di rumah?

Sementara memahami biaya utama membuat ruangan/kamar musik kedap suara membantu Anda memutuskan anggaran.

Biasanya, biayanya tergantung pada seberapa baik dan efektif Anda menginginkan ruangan kedap suara Anda.

  • Biaya Rata-Rata – $1.700
  • Biaya Minimum – $1.100
  • Biaya Maksimum – $2,500

Apakah saya perlu menggunakan cat kedap suara?

Setelah membuat ruangan kedap suara di rumah Anda dan jika Anda telah memasang semua produk kedap suara yang mungkin.

Jika ini tidak bekerja secara efektif sesuai rencana Anda maka saya hanya menyarankan menggunakan cat kedap suara.

Karena itu tidak akan bekerja dengan baik pada kayu dan jika Anda telah membuat ruangan kedap suara Anda darinya. Maka jangan gunakan cat kedap suara.

Produk kedap suara apa yang terbaik untuk menyerap kebisingan?

Jawab: Jika Anda tidak memiliki banyak ruang di dalam ruangan kedap suara dan Anda hanya dapat memasang satu produk kedap suara.

Maka panel akustik kedap suara adalah cara terbaik. Jangan khawatir mereka datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan desain untuk dipilih.

Anda dapat dengan mudah memasangnya di dinding Anda.

Terima kasih sudah membaca. Jika Anda menemukan artikel 7 Langkah Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah ini bermanfaat dan efektif, silakan bagikan dengan orang yang membutuhkan. Sehingga mereka juga dapat mengetahui cara membuat ruangan kedap suara di rumah secara efisien dan efektif.